Jumat, 28 Oktober 2016

PERBEDAAN PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN TIK DAN YANG TIDAK MENGINTEGRASIKAN TIK


Seperti apakah pembelajaran yang mengintegrasikan TIK? Anda pasti akan mengetahui perbedaanya dengan cara menganalisis Kegiatan Inti dalam contoh RPP berikut :
 

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar: Menulis Hasil Observasi dalam Bentuk Paragraf Diskusi


KEGIATAN INTI A
KEGIATAN INTI B
  • Siswa membaca sebuah paragraf
  • Siswa mendiskusikan dalam kelompok tentang teks tersebut dan menggolongkan kedalam jenis bentuk paragraf deskripsi
  • Siswa menuliskan karakteristik teks tersebut
  • Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
  • Siswa lain menanggapi dan memberikan masukan
  • Siswa menulis pokok-pokok pengamatan
  • Siswa ditugasi mengamati kantin sekolah
  • Siswa secara perorangan menuliskan paragraf deskripsi dari hasil observasi di kantin
  • Siswa memasang hasil kerjanya dalam papan pajangan setelah mendapat rekomendasi oleh guru
  • Siswa membaca sebuah paragraf
  • Siswa mendiskusikan dalam kelompok tentang teks tersebut dan menggolongkan kedalam jenis bentuk paragraf deskripsi
  • Siswa menuliskan karakteristik teks tersebut
  • Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
  • Siswa lain menanggapi dan memberikan masukan
  • Siswa menulis pokok-pokok pengamatan
  • Siswa ditugasi mengamati kantin sekolah
  • Siswa secara perorangan menuliskan paragraf deskripsi dari hasil observasi di kantin dengan menggunakan pengolah kata (MS Word)
  • Siswa mengirimkan hasil kerjanya ke guru dan teman lainnya melalui mailing list
  • Siswa lain memberikan komentar atau umpan balik terhadap minimal tiga karya siswa lain melalui mailing list tersebut
  • Setiap siswa secara individu mencetak hasil karyanya dan memajangnya di papan pajangan sekolah.
 

 Mari kita lihat persamaan dan perbedaannya!

Persamaan
Perbedaan
Kegiatan A
Kegiatan B
Ada kegiatan membaca.

Siswa tidak menggunakan media TIK/ computer untuk menyelesaikan tugas hasil pengamatan kantin sekolah.

Siswa diberi kesemptan untuk mengepresikan hasil pengamatan dalam MS word.

Siswa aktif dalam kegiatan kelompok dan diskusi yang menghasilkan bentuk jenis paragraph deskripsi.

Siswa tidak memberikan komentar/tanggapan dari hasil pengamatan kantin sekolah.
Siswa memberikan komentar/tanggapan dari hasil pengamatan kantin sekolah menggunakan mailing list.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan ide/pendapat. (presentasi dan diskusi kelas)
Ada kegiatan mengamati kantin sekolah
Siswa memasang hasil pengamatan dalam papan pajang

 

Jadi, dari kegiatan inti B tersebut, dapat kita lihat bahwa sambil belajar Bahasa Indonesia secara tidak langsung melek TIK siswa terlatih. Disamping itu, mereka belajar untuk dapat berkomunikasi secara efektif melalui salah satu fasilitas teknologi informasi yaitu mailing list. Dengan memberikan masukan, kritikan dan argumen terhadap hasil karya teman lainnya, siswa terlatih untuk berpikir kritis dan belajar menerima dan menghagai ide dan kritikan orang lain. Inilah yang kita maksud dengan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK.

0 komentar:

Posting Komentar

 

AYO BELAJAR BERSAMA Template by Ipietoon Cute Blog Design