Seperti apakah pembelajaran yang mengintegrasikan TIK? Anda pasti akan mengetahui perbedaanya dengan cara menganalisis Kegiatan Inti dalam contoh RPP berikut :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar: Menulis Hasil Observasi dalam Bentuk Paragraf Diskusi
KEGIATAN INTI A
|
KEGIATAN INTI B
|
|
|
Mari kita lihat persamaan dan perbedaannya!
Persamaan
|
Perbedaan
|
|
Kegiatan A
|
Kegiatan B
|
|
Ada
kegiatan membaca.
|
Siswa
tidak menggunakan media TIK/ computer untuk menyelesaikan tugas hasil pengamatan
kantin sekolah.
|
Siswa
diberi kesemptan untuk mengepresikan hasil pengamatan dalam MS word.
|
Siswa
aktif dalam kegiatan kelompok dan diskusi yang menghasilkan bentuk jenis paragraph
deskripsi.
|
Siswa
tidak memberikan komentar/tanggapan dari hasil pengamatan kantin sekolah.
|
Siswa
memberikan komentar/tanggapan dari hasil pengamatan kantin sekolah
menggunakan mailing list.
|
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan ide/pendapat. (presentasi dan
diskusi kelas)
|
||
Ada
kegiatan mengamati kantin sekolah
|
||
Siswa
memasang hasil pengamatan dalam papan pajang
|
Jadi, dari kegiatan inti B tersebut, dapat kita lihat bahwa sambil belajar Bahasa Indonesia secara tidak langsung melek TIK siswa terlatih. Disamping itu, mereka belajar untuk dapat berkomunikasi secara efektif melalui salah satu fasilitas teknologi informasi yaitu mailing list. Dengan memberikan masukan, kritikan dan argumen terhadap hasil karya teman lainnya, siswa terlatih untuk berpikir kritis dan belajar menerima dan menghagai ide dan kritikan orang lain. Inilah yang kita maksud dengan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK.
0 komentar:
Posting Komentar